Senin, 03 Oktober 2011

Pelatihan SPSS - Universitas Indonesia




          SPSS merupakan salah satu program komputer khusus yang dibuat untuk mengolah data dengan metode statistik tertentu. Pada waktu SPSS pertama dirilis tahun 1968, software SPSS dioperasikan pada computer mainframe. Setelah penerbit terkenal McGraw-Hill menerbitkan user manual SPSS, program tersebut menjadi popular. Pada tahun 1984, SPSS pertama kali muncul dengan versi PC (biasa dipakai untuk computer desktop) dengan nama SPSS/PC+, dan sejalan dengan mulai populernya system operasi Windows, SPSS tahun 1992 juga mengeluarkan versi Windows.
Dalam perkembangannya, setelah merilis versi 17, pada akhir tahun 2009, SPSS secara resmi diakusisi oleh IBM, dan namanya pun berganti menjadi IBM SPSS. Sekarang SPSS menjadi bagian dari Business Analytics and Proses Optimization dari IBM. Bersamaan dengan itu dirilis versi 18, dengan nama program PASW Statistics 18 (Predictive Analytics Software). Pada tahun 2010, IBM merilis SPSS versi 19, dengan nama IBM SPSS Statistics 19. Pada Oktober 2011, dirilis SPSS versi terbaru, IBM SPSS Statistics 20 atau SPSS 20.
Di Indonesia SPSS menjadi program aplikasi statistik yang paling populer. Kemudahan dalam penggunaan serta tampilan  output yang menarik dan compatible dengan berbagai software lain menjadi alasan kepopuleran SPSS di Indonesia.  Para penggunan SPSS di Indonesia terdiri dari akademisi, praktisi, lembaga riset, NGO, institusi pendidikan, institusi swasta dan berbagai institusi pemerintah.
Permintaan dan minat untuk mempelajari SPSS cukup tinggi, hal ini yang mendorong kami (Pusat Pendidikan & Pengabdian Masyarakat Universitas Indonesia) untuk secara rutin menyelenggarakan Pelatihan SPSS. Kepesertaan pelatihan SPSS yang kami selenggarakan, pada awalnya masih terbatas pada para akademisi di lingkungan Internal Universitas Indonesia. Berkat kemajuan teknologi informasi khususnya kemudahan mengakses internet, sekarang ini pelatihan SPSS yang kami selenggarakan diikuti oleh akademisi dan instansi yang berasal dari seluruh Indonesia, bahkan ada pula yang berasal dari negara tetangga seperti Timur Leste. Secara persentase, mayoritas peserta pelatihan SPSS yang kami selenggarakan  didominasi dari kalangan akademisi (lebih dari 90%), bahkan tidak jarang para mahasiswa Indonesia yang sedang menuntut ilmu di luar negeri ikut serta dalam pelatihan yang kami selenggarakan.
Harapan kami bahwa kegiatan pelatihan ini dapat terus berkembang dan menjadi media  transfer of knowledge yang efektif dari kami (Akademisi Universitas Indonesia) kepada seluruh masyarakat Indonesia sehingga terciptanya pemerataan pengetahuan. 

Program Pelatihan SPSS yang kami Tawarkan diantaranya:

  1. Pengantar Statistik                                           klik sylabus
  2. Analisa Statistik I                                             klik sylabus
  3. Analisa Statistik II                                            klik sylabus
  4. Peramalan Bisnis                                              klik sylabus

  



0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan cantumkan alamat email atau CP anda jika ingin komentar dan tertarik untuk mengikuti pelatihan statistik, agar secepatnya dapat kami jawab pertanyaan anda. Terima kasih sebelumnya.